Sinergitas Rutan dan Polres Purbalingga

Purbalingga – Rumah tahanan negara Purbalingga bersinergi dengan Polres Purbalingga dalam kegiatan Pembinaan dan Koordinasi Kepolisian Khusus Pemasyarakatan (BIN KOORPOLSUSPAS) dalam rangka pemberdayaan potensi keamanan dan kemitraan antar lembaga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yaitu tanggal 11 dan 18 April 2015, mulai dari jam 08.00 sampai selesai. Dilaksanakan di dua tempat, yaitu aula Rutan untuk menyampaikan materi dan lapangan tenis Rutan Purbalingga untuk kegiatan praktik.




Adapun yang bertindak sebagai pemateri yaitu Aiptu Siswanto dibantu dua orang asistennya yaitu Brigadir Agung Kinoi dan Brigadir Andri Widyayuwono dari POLRES Purbalingga.
 
“Kegiatan seperti ini sangat penting dipahami oleh para petugas Rutan, karena menyangkut Tugas Pokok dan Fungsi(TUPOKSI) dan hal-hal yang harus dilakukan ketika terjadi masalah(kerusuhan), kita sebagai petugas harus cepat dan tanggap” ujar Helmi Najih Amd.IP, SH,MH, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan.

Materi yang disampaikan mulai dari tekhnik dasar baris berbaris, tata cara pengawalan tahanan, mengunci tahanan dengan tangan kosong, tekhnik bela diri dasar dan sandi sandi kepolisian. “Dengan adanya pelatihan ini diharapkan petugas rutan bisa menguasai tekhnik-tekhnik dasar tersebut sehingga selalu siap bilamana terjadi gangguan keamanan” jelas AIPTU Siswanto.

Sebelum mengakhiri kegiatan, AIPTU Siswanto memberikan kesempatan untuk sesi tanya jawab tentang apa yang telah diperoleh dari serangkaian kegiatan tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.