Rutan Purbalingga Laksanakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 90


Tahun 2018, bangsa Indonesia memperingati Sumpah Pemuda ke-90 dengan tema “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia.” Momen yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober ini merupakan salah satu tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Bila Proklamasi 17 Agustus adalah perayaan sebagai hari lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sumpah Pemuda 28 Oktober adalah hari lahirnya Indonesia sebagai satu bangsa.
Lahirnya Indonesia didahului oleh kesadaran Pemuda Indonesia untuk menyatukan identitas kedaerahan dan identitas kesukuan dalam satu identitas kebangsaan Indonesia. Kala itu Pemuda Indonesia mengikrarkan diri dalam Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa Indonesia.
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga ikut memperingati Sumpah Pemuda dengan Upacara Bendera yang dilaksanakan  pada Senin (29/10). Pesertanya tak hanya petugas Pemasyarakatan, namun juga Warga Binaan Pemasyarakatan. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala Rutan Purbalingga,  Lindu Prabowo.  Dalam sambutannya, beliau membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini terasa semakin berbeda karena beberapa Warga Binaan tampil dalam paduan suara menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Bangun Pemudi Pemuda. Diharapkan dengan semangat Sumpah Pemuda, para Warga Binaan mampu menjadi generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negaranya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.