Kentongan Bina Laras Ikut Ramaikan Karnaval HUT RI 71

Purbalingga - Semarak peringatan HUT RI ke 71 di Purbalingga masih terasa. Selasa (30/08), Kabupaten Purbalingga mengadakan karnaval budaya yang sedianya diikuti oleh seluruh unsur masyarakat mulai dari sekolah sampai TNI/Polri dan ormas lainnya. 

 
Tak mau kalah, Rutan Purbalingga pun ikut andil dalam kemeriahan karnaval tersebut. Sebanyak 13 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang sudah diasimilasikan diikutsertakan dalam karnaval. Kentongan Bina Laras , mereka menamakan dirinya, dengan membawakan kesenian "kentongan" yang memang khas budaya Purbalingga, grup hasil binaan Rutan Purbalingga itu berjalan kurang lebih 3 kilometer mengikuti rute karnaval. 

Kepala Rutan Purbalingga, Sulardi, mengungkapkan keinginannya untuk ikut aktif dalam berbagai kegiatan khususnya yang berhubungan dengan kemasyarakatan, tak hanya bagi petugas tetapi juga untuk narapidana. Tujuannya untuk meningkatkan pembinaan melalui asimilasi yaitu berbaur dengan masyarakat. 

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Fauzen, menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut, 10 petugas dilibatkan untuk menjaga keamanan selama karnaval. "Dengan begitu WBP aman, tentunya dengan tetap selalu menjaga kewaspadaan dan menerapkan strategi pengamanan yang telah disiapkan" ucapnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.