Kodim 0702 Ajak WBP Untuk Bela Negara

Purbalingga – Dalam upaya meningkatkan pembinaan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) bekerjasama dengan Kodim 0702 Purbalingga memberikan pendidikan pendahuluan bela Negara bagi warga binaan (WBP), sabtu (19/09). Bertempat di lapangan Rutan purbalingga, upacara pembukaan dipimpin oleh Kasdim 0702 Purbalingga, Mayor Arm Sudarno menandai dimulainya kegiatan. Diikuti oleh 21 warga binaan, acara diawali dengan penyampaian materi tentang bela Negara oleh Kapten Yakobus.







Menyampaikan tujuan dari pendidikan Bela Negara ini untuk menumbuhkan kesadaran dan kecintaan berbangsa dan bernegara. Menanamkan sikap cinta kepada Tanah Air berlandaskan UUD 1945 dan Pancasila.

“Meskipun pertahanan utama adalah TNI, perlu kita tahu bahwa system pertahanan Indonesia adalah rakyat semesta, yang berarti seluruh warga Negara Indonesia wajib bela Negara tak terkecuali warga binaan” jelas Yakobus.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan baris berbaris untuk menanamkan sikap disiplin diselingi perlombaan yang juga meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. Dipimpin oleh Serma Waluyo, semua peserta mengikuti dengan semangat walaupun dibawah terik matahari.

Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan, Agung Pratomo menyambut baik kegiatan ini. “Menitik beratkan pada pembinaan, menanamkan sikap disiplin dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dalam rangka kesadaran berbela Negara sangat penting diberipkan kepada WPB”. Ujarnya.

Peserta tetap bersemangat sampai kegiatan usai. Semua berjalan dengan tertib dan lancar, dan diakhiri dengan upacara penutupan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.