Gandeng Dinas Lingkungan Hidup, Rutan Purbalingga Sosialisasikan POS EMAS dan Bank Sampah


Purbalingga – Bertempat di salah satu ruang Bimker, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Edukasi Gerakan Pilah Olah Sampah Meningkatkan Ekonomi Masyarakat ( Gerakan POS EMAS ) dan Bank Sampah. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Rumah Tahanan Negara (Rutan) IIB Purbalingga dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga.
Berlangsung selama hampir 3 jam, kegiatan ini diikuti oleh 30 WBP Rutan Purbalingga. Tim dari DLH Kabupaten Purbalingga yang beranggotakan 5 Petugas menjelaskan salah satu program pemerintah yaitu Indonesia bebas sampah tahun 2025.
Bebas sampah disini bukanlah bebas sampah yang berserakan dan hanya dibuang ke tempat sampah. Melainkan sampah menjadi terpilah dan termanfaatkan, sehingga tidak ada istilah sampah tertimbun percuma. Oleh karenanya perlu adanya gerakan 3R ( Reduce, Reuse dan Recycle ), diantaranya mengurangi penumpukan sampah, menggunakan kembali sampah yang masih layak pakai dan mendaur ulang sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna dan ekonomi. Misalnya membuat aneka kerajinan dari plastik – plastik bekas.
DLH juga mendorong institusi seperti Rutan Purbalingga untuk mendirikan Bank Sampah sebagai pusat kegiatan gerakan POS EMAS. Manfaat Bank Sampah antara lain menambah pendapatan dari sampah yang diolah, menciptakan jiwa entrepreneur, membantu mengurangi pencemaran dan tentunya membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.